AGAMA

Mengapa Wanita Muslim Harus Berhijab

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

[vc_column][vc_column_text]Hijab berasal dari bahasa arab yang berarti penghalang, namun menurut  Islam hijab lebih tepatnya adalah tata cara berpakaian yang pantas sesuai tuntunan agama, iaitu menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki, dan wajah. ‘Sehingga turut dijelaskan pada kitab suci Al-Qur’an surah An-Nur ayat 24:31 yang berbunyi:

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya, dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanit
(An-Nur 24:31)

Hijab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, bahan tidak tembus pandang, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh, tidak disembur  parfum, tidak menyerupai pakaian kaum lelaki atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan merupakan pakaian untuk mencari populariti diri. Wanita yang berhijab harus didasari dengan keikhlasan, maka selain akan memperoleh pahala sekaligus akan terhindar dari dosa. Namun apabila seseorang belum siap mengenakan hijab atau berhijab karena terpaksa atau alasan lain selain berserah diri kepada Allah maka akan mendapat dosa. Maka dari itu untuk kaum hawa atau wanita sebenarnya sangatlah dianjurkan untuk berhijab, kerana tanpa disedari dengan berhijab kita juga akan memperoleh banyak keuntungan serta manfaat yang positif baik bagi diri sendiri maupun ajaran agama

Beberapa alasan mengapa wanita muslim harus berhijab. Antara lain:

Menjaga Aurat Wanita
Pada ajaran Islam setiap wanita muslim memang diharuskan menutup seluruh aurat yaitu dari hujung rambut sampai hujung kaki dari seseorang yang bukan mahramnya, sehingga untuk setiap wanita yang berhijab sudah pasti mendapat pahala karena melaksanakan salah satu perintah Allah, tetapi ingat, memakai hijab harus dengan hati yang ikhlas.

Terlihat Cantik dan Berakhlak
Wanita yang berhijab akan terlihat lebih cantik dari pada wanita cantik yang tak berhijab. Hal ini sudah jelas terbukti karena setiap wanita muslim yang mengenakan hijab akan selalu memancarkan aura yang positif dan berakhlak baik.

Terhindar dari godaan lelaki “Nakal”
Wanita yang mengenakan hijab terbukti lebih disegani oleh kalangan laki-laki yang ingin bersifat jahat atau menggoda, jika dibandingkan dengan wanita yang memakai pakaian minim dan tak berjilbab.

Mendapat Pahala
Berhijab adalah perintah Allah untuk wanita muslimah, yang jika dikerjakan akan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan akan berdosa.

Mengangkat darjat wanita lebih tinggi
Setiap wanita yang berhijab akan terbebas dari belenggu kehinaan yang hanya menjadi objek nafsu semata.

Dapat terhindar dari perbuatan tercela
Jika seseorang mengenakan hijab dengan hati yang ikhlas, selain memiliki sifat terpuji, insya allah juga akan terhindar jauh dari perbuatan tercela.

Bukti kesucian tak pernah di jamah
Bagi wanita islam yang berjilbab tetapi belum menikah, mereka akan mendapat kesan “mahal” dalam erti, tidak murahan.

Mendapat jodoh yang baik
Seorang wanita yang berakhlak terpuji, akan mendapatkan jodoh yang baik pula, karena Allah SWT berfirman bahwa lelaki yang baik hanya untuk wanita yang baik.

Kebanggaan menjadi wanita Muslim
Secara tidak langsung, wanita berjilbab menyatakan status keislamannya sebagai wanita muslim yang menutup aurat dan tidak kalah fesyen dengan wanita pada umumnya.

 

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button