AGAMA

7 Aktiviti Wukuf

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

[vc_column][vc_column_text] Menjalani wukuf di Arafah, tidak hanya berdiam diri. Sekurang-kurangnya ada tujuh aktiviti ibadah yang boleh dilakukan selama di sana, agar menjadi ibadah haji, haji mabrur.

Tujuh rangkaian ibadah itu diperintahkan dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 197-203. Semua dilakukan untuk memberi perubahan ke dalam jiwa agar lebih baik.

Sewaktu wukuf yang dimulai saat matahari tergelincir itu atau selepas dzuhur, prosesi ibadah jemaah harus ditingkatkan. Masa ini harus dimanfaatkan untuk bermunajat kepada Allah, dan waktu yang terbaik untuk meminta kepada Allah akan apa juga hajat diri.

Berikut tujuh aktivit ibadah yang diperintahkan dalam Al Quran selama wukuf:

1. Berbekal. Mulai dari bekal fisik, mental dan spritual.
2. Berakhlak mulia. Punya etika. Menjaga ucapan dan perilaku selama di Arafah
3. Memperbanyak dzikir.
4. Beristigfar. Mengakui kesalahan yang disedari atau tidak  disedari atas tindakan yang kurang berkenan.
5. Berdoa. Memohon agar diselamatkan di dunia dan akhirat.
6. Terbebas dan membebaskan orang lain dari himpitan.
7. Mewujudkannya dalam bentuk ikhtiar.

Selain tujuh aktiviti di atas  ketahui larangan ihram yang wajib dipatuhi. Para jemaah akan memakai ihram sejak sampai sehingga melakukan tahalul awal usai melontar jumrah aqabah atau tawaf ifadhah.

Sekilas Tentang Pakaian Ihram

Pakaian ihram adalah pakaian yang dipakai oleh orang yang melakukan ibadah haji dan umrah dengan ketentuan, seperti misalnya para jemaah lelaki memakai dua helai kain yang tidak berjahit, satu diselendangkan di bahu dan satu disarungkan menutupi pusat sampai dengan lutut.

Tidak boleh memakai baju, celana atau kain biasa. Diperbolehkan memakai ikat pinggang, jam tangan dan alas kaki yang tidak menutup mata kaki ketika solat.

Saat jemaah melakukan tawaf, disunnahkan memakai kain ihram dikenakan dengan cara idtiba, yaitu dengan membuka bahu sebelah kanan dengan membiarkan bahu sebelah kiri tertutup kain ihram.

Sementara bagi jemaah wanita memakai pakaian yang menutup seluruh tubuh kecuali muka dan kedua telapak tangan. Sebaiknya memakai telekung yang dapat menutupi semua aurat.

Sebelum ihram, disunahkan untuk melakukan beberapa hal, yakni mandi, memakai wangi-wangian, menyisir rambut dan memotong kuku.

Sedangkan hal-hal yang dilarang selama ihram adalah menutup telapak tangan dan menutup muka bagi jemaah perempuan.

Larangan lainnnya saat ihram yaitu memakai wangi-wangian kecuali yang dipakai sebelum berihram, memotong kuku dan mencukur atau mencabut bulu badan, berburu atau menganggu atau membunuh binatang dengan cara apapun. Nikah, menikahkan atau meminang wanita untuk dinikahi, bercumbu atau bersetubuh, mencaci atau bertengkar mengucap kata-kata kotor dan memotong pepohonan.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button